MYEDU INSTITUTE KULIAH ONLINE

Agama | Pendidikan | Bahasa | Informatika | Manajemen | Bisnis | Ekonomi

  • Pengertian Kuliah Jarak Jauh

Ada yang menyebut kuliah jarak jauh dengan istilah Pendidikan Tinggi Jarak Jauh dan ada juga yang menyebutnya Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). Sistem pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi, khususnya di Indonesia sebagai negara kepulauan.

Lalu, apakah kuliah jarak jauh di Indonesia ini legal? Anda tidak perlu khawatir, karena kuliah jarak jauh sudah legal di Indonesia. Anda bisa tenang melakukan sistem kuliah ini. Sebab, sudah diatur oleh Undang-undang Perguruan Tinggi Nomor 12 Tahun 2012, Pasal 31 tentang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Legalitas lainnya tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 109/2013 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi.

Dijelaskan pada Permendikbud tersebut bahwa PJJ adalah proses belajar-mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi yang dapat diakses oleh mahasiswa kapan saja dan dimana saja.

Jadi, untuk kuliah jarak jauh ini sedikit berbeda dengan metode lain yang hampir serupa seperti blended learning. Untuk metode blended learning biasanya dikombinasikan dengan pertemuan tatap muka sehingga sulit apabila domisili mahasiswa berbeda dengan lokasi kampus. Sementara untuk kuliah jarak jauh, memungkinkan untuk menjangkau mahasiswa dari seluruh Indonesia.


  • Manfaat Kuliah Jarak Jauh

Setelah kita tahu pengertian kuliah jarak jauh dan undang-undang yang mengaturnya, maka kita tidak perlu ragu lagi kalau mau ikut sistem kuliah jarak jauh. Kuliah jarak jauh ini bisa menjadi pilihan yang ideal bagi Anda yang sedang sibuk bekerja dan tidak bisa mengikuti perkuliahan konvensional. Selain itu, Anda yang tinggal jauh dari akses tempat perkuliahan bisa melakukan kuliah jarak jauh tanpa harus datang atau bertatap muka langsung. Nah, Anda juga masih akan mendapatkan banyak manfaat lagi.


1. Biaya Keseluruhan Jadi Lebih Murah

Secara umum, biaya kuliah jarak jauh keseluruhan lebih murah daripada kuliah konvensional. Mengapa? Biaya pendidikan yang dipatok biasanya lebih murah, salah satu alasannya karena program kuliah jarak jauh tidak banyak menggunakan fasilitas kampus. Di luar biaya pendidikan, ada biaya-biaya lain yang bisa dipangkas seperti biaya transportasi dan akomodasi. Dengan begitu, akan mengurangi beban kamu secara finansial.

Contohnya adalah biaya kuliah di MYEDU Online Academy. Untuk Jurusan Program Studi Bahasa Asing yang lebih terjangkau daripada kuliah konvensional. Biaya kuliah online termurah hanya Rp 400.000 per bulan atau Rp 2.200.000 per semester. Sementara untuk uang pangkal hanya Rp 2.000.000 dan bisa dicicil.

2. Waktu yang Fleksibel

Meskipun kuliah jarak jauh tidak membutuhkan tatap muka, tapi Anda tetap mengikuti sesi pembelajaran yang terjadwal. Namun, waktu yang dijadwalkan lebih fleksibel dari kelas karyawan. Misalnya, jadwal kuliah di MYEDU Online Academy diselenggarakan secara daring pada seluruh mata kuliah. Hal ini memberikan pilihan waktu yang lebih fleksibel bagi para karyawan untuk bisa mengikuti perkuliahan setelah aktivitas kerja. Selain itu, kuliahan online S1 S2 pun bisa diikuti tanpa harus repot pergi ke kampus seperti kelas karyawan pada perkuliahan konvensional.

3. Efisien Tenaga dan Waktu

Bayangkan Anda yang kerja seharian, kemudian harus bersiap-siap untuk hadir kuliah sepulang kerja. Apalagi untuk para wanita, sudah pasti harus banyak persiapan kostum dan lain sebagainya. Sistem kuliah jarak jauh sudah pasti sangat menghemat tenaga dan waktu, karena tidak perlu kelelahan menempuh perjalanan ke kampus, tetapi bisa dilakukan dengan cepat setiap saat hanya dengan perangkat dan koneksi internet. Yah sesimple itu loh..! Selain itu, Anda tidak akan merasa terlalu formal, karena kuliah ini bisa dilakukan sambil nongkrong, minum kopi, atau melakukan pekerjaan lainnya.

4. Mendapatkan Gelar Setara Kuliah Konvensional

Sistem kuliah jarak jauh sudah legal dan resmi di Indonesia karena sudah ada undang-undang dan peraturannya. Untuk itu, Anda tidak perlu merasa akan ada beda dengan kuliah konvensional. Karena, gelar yang akan didapat nantinya sama dan setara dengan kuliah konvensional. Setelah mengerti manfaat kuliah jarak jauh, pastinya Anda sudah bisa mempertimbangkan untuk memilih sistem kuliah ini tentunya. Anda bisa tetap produktif bekerja atau aktifitas lain dan tetap akan mendapatkan gelar S1 S2 yang sama dengan kuliah konvensional. Nah, program MYEDU Online Academy yang telah disebutkan di atas adalah salah satu rekomendasi terbaik untuk kuliah jarak jauh yang cocok bagi Anda. Mengapa? Karena kampus yang ada di MYEDU Online Academy sudah Terakreditasi BANPT yang berarti legalitas ijazahnya resmi dan diakui.

Jadi pendidikanmu tak boleh berhenti, hanya karena jarak, ruang dan waktu yang memisahkan kita. Makanya, yuk gabung sekarang juga di MYEDU Online Academy dan dapatkan Promo Diskon potongan biaya registrasi sebesar Rp 100.000 di bulan ini.

Informasi & Pendaftaran

Kuliah Online D3 S1 S2


  • Definisi Kuliah Online

Kuliah online (Online Lecture) adalah sistem perkuliahan yang memanfaatkan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam bentuk modul kuliah, rekaman video, audio atau tulisan oleh pihak akademi/universitas.

Perkuliahan online dikelola dan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi; akademi dan atau universitas yang telah memenuhi standar kelayakan penyelenggaraan sistem perkuliahan online yang diperuntukkan bagi segenap pembelajar yang ingin menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik untuk tujuan keilmuan maupun praktisi. Kuliah online, awalnya, merupakan solusi kuliah untuk karyawan yang ingin memiliki kesempatan untuk kuliah sambil bekerja. Seiring dengan tuntutan gaya hidup dan fleksibilitas, sistem perkuliahan online menjadi salah satu solusi alternatif dalam pemerataan pendidikan bagi pembelajar khususnya karyawan untuk mendalami ilmu dan pengetahuan


  • Standarisasi Penyelenggaraan Kuliah Online

Perkuliahan online tentunya harus memiliki standardisasi. standardisasi ditetapkan oleh penyelenggara pendidikan dengan pengawan lembaga pemerintah.


  • Nilai Manfaat

Kuliah online atau kuliah terbuka baik di Universitas Terbuka maupun di Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan sistem kuliah online ini memberikan solusi alternatif bagi setiap karyawan/pegawai yang ingin kuliah sambil bekerja.

Dengan kuliah online, mahasiswa dapat menyesuaikan jadwal sendiri atau berdasarkan kebijakan pihak kampus. Intinya, sistem kuliah online lebih fleksibel - tidak terikat waktu dan tempat - selain itu, sumber materi tidak hanya didapatkan melalui materi kuliah yang telah ditetapkan sebagai sumber wajib perkuliahan. Akan tetapi, bisa juga diperoleh secara online dengan melakukan proses browsing, penyaringan dan pengembangan wawasan mahasiswa.


  • Sistem pendidikan jarak jauh

Pendidikan jarak jauh adalah suatu kajian kependidikan yang terus berkembang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Karena itu juga pendidikan jarak jauh sering dipersepsikan sebagai suatu inovasi dalam metode pembelajaran abad 21 yang memiliki daya jangkau lintas ruang, waktu, dan sosioekonomi. Dengan adanya inovasi ini, masyarakat memiliki pilihan alternatif untuk mengakses pendidikan. Secara umum, pendidikan jarak jauh memiliki prinsip yang mencakup antara lain:

  1. Akses, yakni terkait dengan keinginan untuk memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan melalui penyelenggaraan pendidikan yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi, bersifat massal, ekonomis, serta meminimalkan kendala jarak dan waktu.

  2. Pemerataan yang merujuk kepada asas keadilan dan persamaan hak bagi siapa saja untuk mengenyam pendidikan tanpa dibatasi oleh berbagai kendala.

  3. Kualitas, yaitu berkenaan dengan jaminan standar pengajar, materi bahan ajar dan ujian, dan proses pembelajaran interaktif yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi.


  • Karakteristik pendidikan jarak jauh

Pendidikan jarak jauh memiliki beberapa karakteristik dasar, yaitu:

  1. Pengajar dan peserta didik tidak berada dalam satu ruang yang sama saat proses belajar-mengajar berlangsung.

  2. Penyampaian materi ajar dan proses pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media komunikasi dan informasi.

  3. Menekankan pada cara belajar mandiri namun ada lembaga yang mengaturnya.

  4. Keterbatasan pada pertemuan tatap muka. Biasanya pertemuan tatap muka dilakukan secara periodik antara peserta didik dengan pengajar atau tutor.

  5. Fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain masing-masing peserta didik dapat mengatur waktu belajarnya sendiri sesuai dengan ketersediaan waktu dan kesiapannya.


  • Teknologi komunikasi dalam pendidikan jarak jauh

Penyelenggaraan pendidikan jarak jauh tidak dapat dilepaskan dari penggunaan teknologi. Hal ini dikarenakan dalam pendidikan jarak jauh tidak terjadi kontak secara langsung antara pengajar dan peserta didik. Proses komunikasi antara keduanya dilakukan melalui pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi. Walau demikian, pertemuan tatap muka tetap dapat dilakukan dengan frekuensi yang terbatas. Teknologi komunikasi dan informasi yang banyak digunakan dalam pendidikan jarak jauh adalah komputer dan internet.

Pemanfaatan komputer dan internet memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengakses materi-materi ajar yang juga sudah dikemas dalam bentuk digital di mana pun dan kapan pun. Dengan menggunakan komputer dan internet juga, pengajar dan peserta didik dapat melakukan interaksi baik menggunakan aplikasi surat elektronik, video konferensi, atau forum diskusi dalam jaringan. Meski penggunaan berbagai teknologi digital dalam pendidikan jarak jauh membuat batas-batas geografis seakan lenyap, namun proses komunikasi yang dimediasi oleh komputer dan internet memiliki keterbatasan dalam menangkap ekspresi dan gerakan (gesture) dari pengajar dan peserta didik. Teknologi komunikasi pendukung lainnya yang digunakan untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh antara lain buku elektronik, compact disc (CD) atau digital versatile disc (DVD) untuk rekaman audio dan video, perangkat pengolah informasi seperti tablet atau laptop.


  • Keunggulan dan kelemahan pendidikan jarak jauh

  1. Proses pembelajaran dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh keharusan pengajar dan peserta didik untuk berada di ruang dan waktu yang sama.

  2. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi sebagai media pembelajaran menimbulkan biaya yang lebih rendah baik bagi penyelenggara pendidikan jarak jauh maupun peserta didik.

  3. Materi ajar dan berbagai interaksi dalam bentuk tulisan yang dikemas secara digital memungkinkan peserta didik untuk dapat membaca kembali berulang-ulang informasi yang tercatat di dalamnya.

Informasi & Pendaftaran

Kuliah Online D3 S1 S2